Apakah yang dimaksud dengan SSH

SSH itu apa..?? SSH (Secure-Shell) merupakan sebuah protokol jaringan internet yang memungkinkan untuk pertukaran suatu data melalui jalur aman antara dua perangkat sebuah jaringan. Terutama ini banyak dipakai pada sistem  yang berbasis Linux & Unix untuk menelusuri akun shell secure.

SSH ini dirancang untuk pengganti Telnet dan shell remote yang tidak aman, yang mengirimkan informasi, terutama kata sandi/password, dalam bentuk tulisan atau teks sederhana yang membuatnya sangat mudah untuk di hambat. Enkripsi yang digunakan pada SSH menyediakan kerahasiaan dan juga integritas suatudata melalui jaringan yang tak aman seperti pada Internet. Secara sederhana S S H  yg sering di gunakan untuk trik internet geratis ini adalah sebagai tunneling merupakan pengiriman dan penerima suatu data melalui koneksi yang lain.

SSH memiliki kriptografi kuncii publik fungsinya untuk mengotentikasi komputer remot dan membiarkan komputer remot untuk memeriksa pengguna, jika ini perlu juga. SSH biasanya dipakai untuk login pada mesin remot dan untuk mengeksekusi semua perintah, tetapi ini mendukung tunneling, forwarding T C P port and X 11 connection, ini dapat mentransfer data menggunakan terkait SFTP atau juga SCP protocol.

SSH menggunakan clien - server model yang standar pada TCP port 443 dan telah ditetapkan untuk sebagai penghubung pada server SSH.Sebuah clien programm SSH biasanya dipakai untuk memiliki koneksi ke SSH daemon agar dapat diremote. Keduanya ini biasanya terdapat di sistem operasi kmputer modern saat ini, termasuk pada MacOSX- Linux- FreeBSD- Solaris dan juga open VMS. Tersedia versi pemilik, freeware dan juga open source atau developer untuk berbagai versi kerumitan dan juga kelengkapan.