Manfaat Tumbuh-Tumbuhan Untuk Manusia dan Lingkungan

Semua orang pasti tahu manfaat beberapa jenis tanaman dan tumbuhan di dunia ini mempunyai beberapa manfaat juga khasiat, terutama tumbuhan bewarna hijau.

Tanamam hijau ini mampu membuat makanan dengan sendirinya, dengan mineral yang terkandung dari dalam tanah, karbondioksida dari udara, bantuan cahaya ini proses yang dinamakan fotosintesis.
Tumbuhan yang tidak bewarna hijau juga membuat zat makanan dengan sendirinya melalui zat warna pada daun dengan nama dan warna yg berbeda.Hasil fotosintesis tdk hanya berguna buat tanaman, tetapi bermanfaat juga bagi manusia & hewan.

Tumbuhan tidak hanya membuat glukosa sebagai sumber energi, tetapi jua mengeluarkan oksigen sbgai hasil fotosintesisnya. Oksigen inilah yg perlu dan di butuhkan manusia,hewan dan juga tumbuhan sendiri untukproses respirasi.

Tanamam hijau juga berperan sbg paru2 dunia. Tanaman yg kaya dgn klorofil atau zat hijau daun ini akan menghasilkan gas oksigen yg sangat vital buat kelangsungan hidup manusia.

Terutama buat respirasi ( menghasilkan-energi ) dan pernapasan pada manusia. Tanamam hijau yg menjadi produsen oksigen ini merupakan faktor utama untuk pencipta lingkungan hidup / ekologis yang berpengaruh besar bagi keberadaan makhluk hidup di dunia adalah penyeimbang alam. 

Dengan Adanya Tanamam hijau ini, membuat habitat baru untuk makhluk hidup untuk tinggal disekitarnya dan juga buat berlindung bagi kondisi alam yang kurang baik, dan bisa dijadikan sebagai obat2an alami tampa efek samping.

Di daerah pada pegunungan, Tanamam hijau dapat melindungi dari ancaman longsor. Selain itu manfaat Tanamam hijau adalah sumber estetika/keindahan, Tanamam hijau ini mampu sebagai lingkungan sarana rekreasi & pendidikan. Dan juga banyak manfaat lain yg bisa kita ambil dan kita tuai jika kita mampu memelihara tumbuh2an di alam sekitar kita ini.

Maka dari itu jagalah dan lindungi bumi ini dari hal-hal yang kecil seperti membiarkan tumbuhan2 tumbuh dgn layak, agar terhindar dari lingkungan yang berbahaya dan tidak sehat. Tidak pula tumbuhan saja, tetapi kita harus merawat hewan agar ekosistem didunia ini tetap seimbang.