Apabila sobat mempunyai lebih dari satu hardisk komputer dan ingin memasangkannya pada satu komputer secara bersamaan, hal itu bisa dilakukan dengan mudah. Hardisk, salah satu media storage/penyimpanan semua data dalam komputer. Semua data dalam komputer, baik itu berupa file dokument, mp3, mp4, gambar, dan jenis-jenis file data lainnya semua itu disimpan dalam hardisk. Semakin banyak data/file yang kita miliki, hal itu semakin besar pula kapasitas hardisk yang kita perlukan.

Apabila sobat mempunyai beberapa hardisk dan masih belum sobat gunakan, tidak salahnya sobat memasangkan gandeng atau secara bersamaan pada komputer sobat.  Memasangkan dua buah hardisk dalam satu komputer akan memberikan tambahan kapasitas penyimpanan data pada komputer sobat.
Bagi sobat yang belum tahu tata cara menggabungkan dua buah hardisk pada satu komputer, 
Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • hardisk tersebut salah satunya berisikan sistem operasi windows dan program aplikasi lainnya. Sedangkan pada hardisk tambahan diusahakan kondisinya kosong dan tanpa sistem operasi/ program aplikasi, sebab hardisk ini berfungsi sbg media penyimpanan data tambahan.
  • Perhatikan Jumper(perhatikan gambar) yang tertancap pada hardisk. letakkan jumper ini pada hardisk yang terinstall sistem operasi/ yang terinstall program. letak jumper tersebut di setiap merek dan jenis hardisk berbeda letaknya. Namun ini biasanya udah ada petunjuk khusus mengenai hal ini. dan apabila tidak ada petunjuk mengenai pemasangan mengenai jumper, sobat harus menentukan sendiri/ mencoba-coba mana digunakan sebagai master danyang digunakan sbg slave.
  • Pasang kabel konector pada motherboard dan kabel power pada power supply. pemasangan kabel power dan kabel konector ini berdasarkan slot/kedudukan pada motherboard dan power supply sudah pas.
  • kemudian hidupkan komputer sobat dan masuk pada bios komputer. Selanjutnya pilih "IDE HDD AUTO DETECTION" komputer akan mendeteksi konfigurasi hardisk yang akan digunakan. Kemudian setelah ditemukan simpan dan keluar.








           selesai dan semoga anda berhasil