Sayuran dengan Nutrisi yang Tinggi

welcome to my website xikabu, pada kali ini xikabu akan memberikan informasi mengenai beberapa sayuran yang paling tinggi nutrisinya. Sayuran terdiri dari beberapa nutrisi yang sangat penting untuk menyehatkan tubuh kita. Sayuran berpotensi dalam membersihkan tubuh kita terhadap racun dan juga sangat mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh secara alami.

Dan Tubuh kita sangat membutuhkan pasokan dari nutrisi agar bisa berfungsi dengan tepat. Sayuranmerupakan sumber  nutrisi nan penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Diantara sekian dari banyak sayuran di seluruh dunia, tentu  sayuran merupakan berada pada tingkat tertinggi dalam kadar nutrisinya.

Berikut ini merupakan beberapa sayuran dengan nutrisi yang tinggi.

1).Brokoli
Brokoli sering disebut sebagai sayuran ajaib, dikarenakan sayuran ini sangat ampuh mencegah kanker dalam tubuh. Brokoli ini juga mengandung asam folat dan kalsium sehingga baik untuk ibu hamil serta penderita anemia. Masak brokoli cukup dengan merebus sebentar saja atau dengan mengukusnya sehingga vitamin dan nutrisinya tidak hilang.

2).Bunga Kol
Merupakan segar rendah kalori hanya 26 kalori, namun sayuran ini merupakan kaya akan antioksidan dan vitamin, selain itu juga rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Bunga kol mengandung beberapa fitokimia antikanker diantaranya sterol dan sulforaphane seperti indole-3 carbinol,berfungsi untuk anti estrogen. Senyawa ini telah terbukti bermanfaat mencegah payudara, leher rahim, kanker prostat, usus besar, kanker ovarium.

3).Kentang
Kentang merupakan sayuran akan kaya sumber pati, dan juga mengandung vitamin, mineral dan serat. pada Kentang terdapat 70 kalori per 100 g, akan tetapi sedikit lemak ( hanya 0,1 g per 100 g ). Serat pada kentang terdiri dari tidak larut dan serat larut, yang secara alami mampu membantu mengatasi sembelit dan juga mampu menjaga kesehatan pada pencernaan. 

4).Bayam
Bayam mampu memberikan kita nutrisi dan tenaga. karena Bayam mengandung vitamin A dan vitamin C. makan bayam dapat membantu kesehatan mata dan sangat bagus utk kesehatan kulit. Karatenoid dalam bayam mampu mencegah sel kanker. Dan juga bayam mengandung banyak kalium juga sangat bagus dikonsumsi para penderita hipertensi.

5).Selada
Selada ini juga mengandung nutrisi tinggi. Selada juga mengandung vitamin A, B dan C. Selain sayuran ini mengandung asam folat, mangan dan kromium. juga terdapat kandungan zat besi yang sangat bagus untuk pembentukan sel darah, kandungan magensium pada selada bagus untuk kesehatan saraf dan otak.


6).Kecambah
Kecambah atau tauge merupakan sayuran yang tidak asing bagi kita,kadang klau memasak mie juga dicampur dengan sayuran kecambah. Kecambah juga bagus dimakan untuk lalapan atau cemilan, agar nutrisinya selalu ada dan tidak akan hilang. Nutrisi yang paling banyak pada kecambah adalah vitamin C, vitamin A, B dan E, zat besi , kalsium, dan kalium.

7).Kubis
Kubis merupakan sayuran yang tinggi serat akan nutrisi. Kubis juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Selain itu sayuran kubis bagus untuk kesehatan perut, paru-paru,dan kanker prostat.

8).Mentimun
Mentimun sayuran tinggi kadar air dan rendah kalori (15 kalori per 100 g), dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Kulit mentimun ini merupakan sumber tinggi serat, yang mampu membantu mengurangi sembelit dan perlindungan terhadap kanker usus besar dgn cara menghilangkan senyawa beracun dari usus.

Hanya itu yangg dapat saya posting hari ini, mengenai sayuran dengan nutrisi yang tinggi. semoga bermanfaat.. sekian wss

Bagikan ke

300x250

0 Response

Blogroll

© 2014 XIKABU - Design by : Idle Creative
Back to Top