Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini menuntut sebuah perusahaan untuk lebih memperhatikan pelanggan, yaitu dengan menjaga dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Seperti yang di ketahui, bisnis tidak akan dapat bertahan jika tidak ada pelanggan. Di samping itu juga, perusahaan harus menghadapi kenyataan sesungguhnya kesetiaan pelanggan itu  lebih penting dari pada pembeliaan ulang pelanggan.

Customer Relationship Man¬agement atau CRM adalah sebuah pendekatan untuk membangun dan juga mempertahankan hubungan jangka panjang dengan seorang pelanggan. Begitu juga pada rumah sakit, rumah sakit dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan lamanya tetapi juga bisa menarik pelanggan yang baru. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih penerapan CRM bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM).

E-CRM merupakan sebuah teknologi komunikasi yang menggunakan sistem digital yang untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan yang sudah ada dan  dapat mendorong pemakaian online service secara berkelanjutan.

CRM di lakukan secara elektronic bisa mempermudah hubungan dan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, hal ini dikarenakan tidak adanya batasan waktu mengakses internet sehingga informasi-informasi akan mengalir dengan cepat. Di dalam melakukan upaya   pelayanan   kesehatan   secara  berdaya   guna dan berhasil  guna,  Rumah Sakit juga harus  mengoptimalkan   hubungan   dengan   pelanggannya. Di sini strategi dalam mendukung pendekatan pelayanan pelanggan yang memusatkan pada  pembangunan hubungan  jangka   panjang  dengan   pelanggan  yang menambah  nilai  bagi  pelanggan  dan  perusahaan  itu sendiri  adalah dengan  Customer Relationship Management  (CRM).

Rumah sakit  merupakan  suatu  organisasi   yang  bergerak  dalam bidang kesehatan  yang mengemban tugas sebagai  pusat pelayanan masyarakat dan CRM membantu Rumah dalam mempromosikan dan menarik pelanggan pada rumah sakit dan juga dapat mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan atau pasiennya.

Link download dalam proses upload, mohon bersabar menunggu mohon ma'af klw ada kekurangan...