Stres merupakan suatu kondisi yang terjadi karena tekanan tubuh melebihi kemampuan maksimal seseorang dari segi psikologis akibatnya tindakan menjadi kurang terkontrol secara sehat dan terganggunya sistem metabolisme tubuh seseorang akibatnya menimbulkan berbagai penyakit.

Stres ini sering dialami oleh masyarakat perkotaan umumnya di seluruh dunia, dikarenakan pengaruh oleh berbagai macam hal seperti: tuntutan pekerjaan, sakit penyakit, ekonomi keluarga,  dan lain lainnya.

Stres mudah sekali terjadi pada tipe orang yang kurang percaya diri, yang perasa, temperamental  dan perfeksionis, pemicu stres seperti: ketidakpuasan, kehilangan, beban fisik,  kekhawatiran ataupun kegagalan, sehingga hal tersebut akan menimbulkan efek stres yang akan berkepanjangan.

Bagaimanakah cara menghilangkan stres ?Nah, Untuk menghilangkan stres tersebut, anda bisa lakukan cara - cara seperti berikut ini.

1. Mengunyah Permen Karet.
Penelitian di Inggris dan Australia menemukan bahwasanya: ketika seseorang mengalami stres, dengan mengunyah permen karet kurang lebih 10 menit sehingga mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan dan mengurangi kadar hormon kortisol pd air liur hingga 18 %.

2. Minum Teh Hitam.
Orang yang minum teh hitam lima gelas sehari dala kurun waktu enam minggu di ketahui akan mampu mengatasi stres secara cepat dan mempunyai level hormon kortisol yang lebih rendah saat  mengalami stress, berdasarkan penelitian dari kampus University College London. Bahwa, Senyawa kimia dan antioksidan yang berada dalam teh hitam tersebut mampu membuat seseorang merasakan santai dan juga mampu menenangkan saraf.

3. Pijat.
Bahwa pijat dengan melakukan sendiri selama 15 menit aja juga mampu menurunkan stres dan menenangkan saraf.

4. Menulis.
Menulis pada kertas ini juga mampu mengatasi stres. Membuktikan bahwa di saat menulis pikiran kita hanya tertuju pada kalimat atau tulisan yang kita buat di kertas dan pikiran stres ini saat menulis tidak lagi terpikirkan

5. Mendengarkan Musik.
Mendengarkan musik ini juga mampu mengatasi stres. Dengarkan musik atau lagu- lagu yang kita sukai dan jangan memutar lagu yang tidak kita sukai ini  akan membuat stres bertambah terus

6. Membersihkan Rumah.
Membersihkan rumah juga dapat mengatasi stres. Dengan membersihkan rumah, rumah akan terlihat rapi dan bersih maka pikiran-pikiran stres berangsur-angsur mulai hilang.

7. Piknik
Piknik atau liburan juga mampu mengatasi stres. Dengan liburan bersama keluarga kita akan menjadi senang begitu juga keluarga.