Hello..
Para sobat pasti ada yang mempunyai Printer dirumah. Printer sobat mungkin ada yang merek canon, hp, epson atau yang lainnya. Terkadang Printer kalau tidak digunakan akan bermasalah dan hasil cetakan kurang memuaskan, kadang hasil cetakan tidak bersih atau kabur-kabur dan bergaris-garis. Namun hal yang demikian masih bisa diatasi. Hasil cetakan yang tidak bersih itu biasanya terjadi penyumbatan pada catridge printer.
Penyumbatan pada catridge itu dikarenakan catridge jarang digunakan dan terjadi pengeringan tinta pada catridge. Setelah pengeringan tinta hasil cetakan tidak akan sempurna. Biasanya hal tersebut dilakukan dengan proses cleaning menggunakan software bawaan printer. kalau tidak juga bisa di cleaning maka lakukan seperti langkah di bawah ini.

Sebenarnya memperbaiki atau mengatasi catridge printer yang tidak keluar tintanya itu cukup mudah yaitu dengan membuang tinta yang kering tersebut. lalu bagaimana cara membuang isi tinta yang mengering pada catridge printer. Bagaimana cara mengisi ulang tinta printer ??
Berikut pembahasannya:
  • Lepaskan dari printer catridge yang akan dibersihkan tersebut.
  • Terlebih dahulu sobat siapkan air hangat dan wadahnya, suhunya dikira-kira saja jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin yang sedang saja
  • Siapkan cartridge printer yang akan sobat hilangkan sumbatan-nya. Perhatikan bagian head printer, Bagian head ini bagian tempat keluar-nya tinta printer, biasanya head printer terbuat dari kuningan dan berwarna kuning.
  • Celupkan catridge tersebut kedalam air panas hingga keluar tinta dari head tersebut.Lakukan hal tersebut berkali kali.
  • Jika air masih bewarna berarti masih ada catridge yang kering. Jika air berwarna pekat, maka perlu di ganti air tersebut
  • Lakukan sampai air tidak bewarna dan air di dalam wadah menjadi bening dan sampai catridge tidak lagi mengeluarkan tinta.
  • Setelah itu, bersihkan dan keringkan menggunakan tisue. Kemudian pasang kembali catridge tersebut dengan posisi yang benar.
Nb: Jika Catridge tidak digukan selama 6bulan maka akan banyak tinta yang mengering dan tinta akan banya keluar sewaktu menyelupkan ke dalam air panas.
Sobat jangan khawatir kalau terjadi konsleting pada catridge, karena cara begini sudah banyak dan terbukti berhasil. 
semoga berhasil..